Berita Metro

Kamis, 26 Oktober 2017  23:06

Tiap Desa Wajib Ada Perpustakaan

Tiap Desa Wajib Ada Perpustakaan
Minat baca di desa terus didorong dengan adanya perpustakaan

Gresik (BM)- Meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat,perlu peran serta pemerintah daerah. Maka itu setiap desa di Kabupaten Gresik nantinya wajib ada perpustakaan. Kepala desa (Kades) tidak perlu kuatir dan takut membangun perpustakaan anggarannya bisa diambil dari Alokasi Dana Desa (ADD). 

"Yang penting pengadministrasiannya yang harus benar dan teliti. Setiap penggunaan dana desa harus diadministrasikan yang benar dan sesuai aturan perundangan," ujar Sekda Pemkab Gresik, Djoko Sulistio Hadi, Kamis. 
Mantan Kepala Inspektorat Kabupaten Gresik menjelaskan, pihaknya meminta agar ada penegasan dari camat kepada seluruh kepala desa yang ada di bawahnya agar mengembangkan perpustakaan di desa."Perpustakaan ini merupakan program wajib negara. Hal ini perlu disadari untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia yang saat ini ada di ranking 60 dari 61 negara yang di survey," paparnya. 
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik, Siti Jaiyaroh menuturkan, untuk pengembangan perpustakaan, saat ini sudah 96 Desa se-Kabupaten Gresik yang telah mendapatkan bantuan dari Pemprov Jatim. "Setiap Desa mendapat bantuan hibah berupa 2 unit lemari rak serta 1000 buku bacaan yang diberikan ke desa-desa di Gresik sejak tahun 2016," tuturnya. 
Tahun 2017, di Gresik sudah ada 15 Perpustakaan mini kota wali (Pusmintali) di halte (8), serta di kapal penyeberangan Bawean. Selain itu, juga ditempatkan Satlantas, Polres Gresik, Rutan Banjarsari, dan Kantor Dinas PU masing-masing satu unit.(ger/dra)




Berita Terkait