Berita Metro

Senin, 19 Februari 2018  23:12

Songkok Produksi Gresik Tembus Jakarta

Songkok Produksi Gresik Tembus Jakarta
Salah satu karyawan mengepakan songkok

GRESIK(BM)- Gresik merupakan Kabupaten yang mempunyai banyak potensi yang luar biasa. Warganya terkenal kreatif, maka tak salah jika daerah utara pantai Jawa ini menghasilkan banyak karya berupa kerajinan tangan yang dibuat warga sekitar. Salah satu kerajinan yang terkenal adalah Songkok  Gresik  

Akhmad Sulthoni, salah satu pengrajin songkok di jalan Abdul Karim Kampung Ceplokan Kelurahan Trate Kecamatan Kota Gresik yang masih tetap eksis menjalankan usaha warisan orang tuanya itu, meski banyak persaingan, baik berasal dari sesama pengrajin maupun dari pabrik songkok skala nasional.

Toni (panggilan akrabnya) menceritakan, Songkok yang dihasilkan sudah menembus berbagai pasar di berbagai daerah di Indonesia, diantaranya Jakarta, Jawa Tengah, serta berbagai kota di Jawa Timur. Dalam sehari,Toni yang dibantu dua karyawannya bisa memproduksi songkok sebanyak 20 sampai 30 biji. Setelah itu baru dikirim ke Jakarta dan ke Jawa Tengah tiap bulan dua bulan."Perpengiriman biasanya 30 kodi (600 biji) ke setiap tempat (Jakarta dan Jawa Tengah,"bebernya, Senin (19/2)

Songkok yang diproduksi tak kalah dengan songkok yang diproduksi oleh pabrik yang sudah punya brand."Songkok yang saya buat sudah kita beri brand. salah satu brand yang paling disukai namanya 'Roda Mas'," beber Toni.

Meski demikian, usaha ini tidak terus berjalan mulus, karena pada 1999, kerajinan miliknya sempat vakum karena sang orang tua sudah tidak mampu untuk memproduksinya karena faktor tertentu. Baru beberapa tahun kemudian menghidupkan usaha milik orang tuanya. Hambatan yang dikeluhkan lantaran pemerintah daerah tidak memperhatikan pengrajin songkok yang ada di Kabupaten Gresik, setidaknya harus ada regulasi dari Pemerintah Kabupaten Gresik, agar tidak ada monopoli harga dari pengrajin atau pengusaha yang bermodal besar.

Kini usahanya semakin meningkat berkat berbagai cara, salah satunya dengan memasarkannya melalui media sosial dan berbagai relasi yang dibangun,"Penjulan saat ini lumayan meningkat,"ungkasnya. (Ron/dra)



Berita Terkait