Berita Metro

Minggu, 18 Februari 2018  23:17

Ratusan Orang Ikuti Seleksi Perangkat Desa

Ratusan Orang Ikuti Seleksi Perangkat Desa
Ketua DPRD Gresik, Abdul Hamid memantau tes P3D

GRESIK(BM)-Sebanyak 152 orang dari 21 Desa mengikuti pelaksaan seleksi Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa (P3D) se-Kecamatan Sidayu di Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Gresik, Minggu (18/2).  Dalam seleksi, mencari perangkat Desa dengan berbagai posisi jabatan tersebut berjalan lancar. Adapun materi tes meliputi soal kemampuan dasar, pengetahuan umum, wawasan kebangsaan dan penalaran.“Teknisi komputer kami selalu stanby. Jadi, kalau ada persoalan bisa langsung ditangani dengan cepat,”ungkap  Mu’minatus, Dosen Matakuliah Ekonomi Unmuh Gresik yang juga sebagai Koordinator penyeleksi P3D dari pihak ketiga

 

Mu’minatus Sholichah, menjelaskan, pihaknya sudah dua kali ini bekerjasama perihal seleksi P3D. Sebelumnya Desa Kembangan Kebomas dengan tes manual. Namun sekarang pakai CBT.“Tes berbasis komputer memiliki nilai positif. Karena peserta dapat melihat langsung hasil tes, sehingga tidak ada manipulasi,” kata Kabiro Kewirausahaan, Komersialisasi dan Pengembangan BUMK Unmuh Gresik ini.

Sementara itu, Ketua DPRD Gresik Ir. H. Abdul Hamid yang memantau langsung pelaksanaan seleksi Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa(P3D). Abdul Hamid didampingi Camat Sidayu Suprapto, Kapolsek Sidayu AKP Siswanto, Danramil Sidayu Syaiful Anam, Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Sidayu M. Sholih serta Kades-Kades Sidayu mengecek jalannya proses seleksi perangkat desa.“Hasil pantauan saya, tes berbasis Computer Based Test (CBT) ini sudah berlangsung dengan baik, lancar dan transparan. Tidak ada komputer yang error,” ujar Hamid.

Politisi asal Partai Golkar ini, berharap panitia P3D bisa bekerjasama dengan kampus yang ada di Gresik. Walaupun beberapa waktu lalu ada juga kecamatan lain yang bekerjasama dengan kampus yang dari luar Gresik. “Kalau kerjasamanya dengan kampus yang ada di Gresik tentu lebih dekat jaraknya dan pajaknya pun bisa masuk Pemda Gresik,”paparnya.(Ron/dra)




Berita Terkait