Berita Metro

Selasa, 30 Januari 2018  23:07

KPUD Lakukan Verifikasi Faktual Parpol

KPUD Lakukan Verifikasi Faktual Parpol
Suasana verifikasi faktual yang dilakukan KPUD Gresik di kantor PDI P Gresik.

GRESIK(BM)-Guna memenuhi persyaratan mengikuti  pemilu mendatang,  Sejumlah  partai politik di Kabupaten Gresik menjalani verifikasi faktual yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) di kantor masing-masing partai,  Selasa, (30/1). Salah satu Komisioner KPUD, Abdullah Sidiq Noto Negoro mengatakan, ada empat partai politik yang mengikuti verifikasi serentak hari ini (kemarin red-) , antara lain,  PDI P, Golkar, PPP, serta PAN. Pihak KPUD membagi petugas yang diutus ke kantor partai serentak untuk melakukan verifikasi. “Hari ini ada empat partai yang kita verifikasi,” ungkapnya.

Dalam proses verifikasi, disebutkan, ada tiga komponen yang diperiksa KPU. Tiga komponen itu yaitu keanggotaan kepengurusan partai, domisili kantor dan keterwakilan perempuan. Khusus untuk keterwakilan perempuan, syarat yang ditetapkan oleh KPU yaitu sebesar 30 persen. syarat-syarat itu dibuktikan dengan menunjukkan KTP/KTA untuk dicatat petugas.
Lebih Lanjut Sidiq membeberkan, setelah verifikasi faktual, pihaknya akan melakukan pencocokkan data, setelah itu keputusan lolos tidaknya ditentukan di rapat pleno. Suasana di kantor PDI P saat kegiatan verifikasi berjalan lancar. Ketua PDI P Siti Muafiyah mengaku , partainya sudah memenuhi persyaratan yang diminta KPUD, pihaknya optimis untuk verifikasi kali ini tidak ada masalah yang berarti. “Verifikasi faktual ini berkas kita sudah lengkap,” ungkap perempuan ini.

Muafiyah mengakui bahwa verifikasi faktual sangat penting. Sebab, untuk memberikan pendidikan kepada Partai politik (Parpol). "PDIP sangat mendukung verifikasi faktual ini sebagai pelaksanaan putusan mahkamah konstitusi (MK). Verifikasi faktual akan membuat kematangan di Parpol, karena Parpol adalah alat untuk menjalankan demokrasi," terang mantan anggota DPRD Gresik ini.

Dalam verifikasi di markas PDI P, seluruh jajaran pengurus DPC dan PAC dihadirkan. Selain Siti Muafiyah, tampak hadir Sekretaris Mujid Riduan, Bendahara Uman, Wakil Ketua Noto Utomo, Bappelu Musthofa, dan sejumlah pengurus PAC. Saat berada di kantor Golkar DPD Gresik, para pengurus partai berlambang pohon beringin ini hampir semua hadir mengikuti verifikasi faktual. Nur Hamim Ketua DPD Golkar Gresik mengatakan, partainya tidak ada kendala dalam memenuhi persyaratan. semua berjalan lancar. " 75 pengurus yang diminta KPU hadir semua," ungkap Nur Hamim.(Ron/dra)




Berita Terkait