Berita Metro

Selasa, 30 Januari 2018  07:11

KPUD Dorong Warga Ber KTP Elektronik

KPUD Dorong Warga Ber KTP Elektronik
Ketua KPUD Gresik, Akhmad Roni.

GRESIK(BM)-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Gresik menghimbau kepada masyarakat yang belum mempunyai KTP Elektronik untuk segera mengurus, sebab KPU RI membuat kebijakan tunggal untuk pemilih di pilkada serentak adalah pemilik KTP elektronik (e-KTP). Kebijakan itu berdasarkan Undang-undang Nomor 10 tahun 2016.

Ketua KPUD Gresik Akhmad Roni, mengungkapkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dispendukcapil untuk mendorong warga segera mengurusnya. jika tidak demikian, KPU akan mencoret warga dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilu mendatang. 

Selain itu Pria kelahiran Desa Lowayu membeberkan, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), sudah mendatangi seluruh rumah-rumah di Kabupaten Gresik.Namun diakui kesulitan di lapangan saat mendatangi pemukiman sejenis perumahan, sebab kebanyakan mereka tertutup dan jarang di rumah. "Kendala kita saat mendata warga yang di perumahan, karena saat petugas mendatangi. rumah mereka tertutup dan kadang tidak berada di rumah," keluh Roni.

Bila data E-KTP belum terekam, lanjutnya, masih dapat mengunakan Surat Keterangan (Suket) Dukcapil yang menyatakan bahwa proses perekaman sedang dilaksanakan meski bukti fisiknya belum dimiliki."Kalau memang KTP elektroniknya belum jadi, tapi sudah ngurus, pihak Dispendukcapil memberikan surat keterangan,"beber Roni.(Ron/dra)



Berita Terkait