Berita Metro

Selasa, 06 Februari 2018  23:08

Kerajinan Batu Onyx Butuh Perhatian

Kerajinan Batu Onyx Butuh Perhatian
Pengrajin batu onik di Gresik saat ini membutuhkan perhatian pemerintah

GRESIK(BM)-Selama ini di wilayah selatan pesisir Jawa Timur dikenal sebagai sentra batu Marmer dan Onyx, di Kabupaten Gresik, ada salah satu penghasil kerajinan batu Onyx dan Marmer.  Bongkahan batu putih  yang memiliki corak indah ini  disulap oleh pengrajin menjadi berbagai macam kerajinan bernilai seni tinggi di Desa Kertosono, Kecamatan Sidayu,  Gresik, bongkahan batu besar asal pulau Bawean, Gresik ini diolah oleh puluhan pekerja di sebuah industri kerajinan batu Marmer dan Onyx. 

Terlihat beberapa pekerja memotong bongkahan batu sesuai ukuran sebelum dijadikan sebagai barang bernilai seni. Setelah dipotong, batu tersebut kemudian dipoles dan dilakukan pengukiran sesuai pesanan, baik memakai alat maupun handmade, Selasa, (6/2). Ratusan jenis kerajinan dari batu Onyx dan Marmer ini kemudian dipamerkan di galeri, mulai guci, patung, vandal, ukir ukiran, dan lain sebagainya.  Harganya juga bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.“Mainset kita di daerah Jawa Timur itu kalau bicara batu, itu selalu  ke selatan atau ke Tulungagung, padahal di Gresik sendiri juga ada” Kata Supardi (42), Marketing Mahsun Jaya Onyx Bawean.

Supardi mengatakan bahwa untuk prodak karya disini sudah ada banyak seperti lantai, Aksesoris, pilar, dinding dan lain sebagainya.“Disini juga menyediakan perlengkapan untuk acara monumental seperti prasasti, guci, dan pada tahun lalu kita sudah mulai bisa memasok kerajinan ini ke seluruh Jatim, seperti Tuban, Lamongan, sampai Madura” Tambahnya 

Rudi (45), salah seorang kontraktor bangunan asal Surabaya saat ditemui di lokasi industri kerajinan Marmer Onyx ini mengaku sangat tertarik saat melihat hasil jadi dari industri batuan alam ini. “Kita rencananya mau punya proyek dan untuk pemasangan dindingnya menggunakan batuan Marmer Onyx kok kelihatannya cocok dari segi kualitas,”kata Rudi. 

Meski kerajinan batuan berasal dari salah satu kecamatan di Kabupaten Gresik, industri kerajinan batu di kota pudak ini memiliki banyak kendala di pemasaran. selain pemasaran, akses transportasi menjadi hambatan sebab, bongkahan batu tersebut didapat dari pulau Bawean yang harus melewati akses laut terlebih dahulu. Kurangnya branding bahwa Gresik sebagai penghasil batu onyx juga menjadi kendala kurang populernya kerajinan batu asli Gresik ini. (Ron/dra)




Berita Terkait