Berita Metro

Senin, 09 Januari 2017  19:40

Begal Modus Tuduh Korban Penabrak Diamankan

Begal Modus Tuduh Korban Penabrak Diamankan
Pelaku begal (dua dari kiri) diamankan anggota Polsek Manyar.
GRESIK (BM)-Jajaran Polsek Manyar berhasil meringkus Sairi (27) warga Desa Berjang, Kecamatan Tragah, Bangkalan yang diduga sebagai begal yang selama ini meresahkan masyarakat. Dirinya ditangkap setelah membegal di sekitar wilayah Jl Pongangan, Suci, Manyar.
 
Korbannya adalah Hasan Rafli Ashari (16) warga Jl. Sunan Giri, Kelurahan Telogo Patut, Kecamatan Kebomas, Gresik dan Indra Tri Atmaja (16) warga Jl. Veteran XI No 18 Kecamatan Kebomas, Gresik. Kronologinya saat itu waktu menunjukkkan pukul 23.30 WIB, Sairi dan temannya (DPO) berniat melakukan aksi pembegalan dengan modus mencari jalan yang sepi. Kedua begal ini kemudian mengintai pengendara yang sedang melintas. Setelah ada mangsa, keduanya memepet kendaraan korban  dan disuruh berhenti paksa dengan dalih menuduh korban telah menabrak saudaranya.
 
“Seperti yang dilakukannya di jalan Jl Panggang Suci Manyar, pada saat kedua korban Hasan Rafli Ashari dan Indra Tri Atmaja sedang melintas mengendarai sepeda motor Honda Vario Nopol W 4471 LX tiba-tiba pelaku langsung memepetnya dan menuduh telah menabrak saudaranya,” kata Kanit Reskrim Polsek Manyar, Ipda Yoyok Mardi, Senin (9/1).
 
Karena tidak merasa apa yang dituduhkannya, korban sempat adu argumen. Namun Sairi tetap saja memaksa dengan mengajak kedua korban berboncengan. Alasannya untuk diajak ke rumah saudara yang ditabraknya. Sairi yang membonceng dengan mengendarai kendaraan korban. Sedangkan pelaku lainnya membawa sepada motor sendiri.
 
Pada saat melintas di perumahan Dinari, korban diturunkan oleh Sairi. Korbanpun curiga, jika kedua orang itu ingin merampas sepeda motornya. "Pada saat korban turun, Sairi langsung tancap gas. Tahu sepeda motornya akan dibawa lari, korban reflek mengejarnya, tidak jauh hanya terpaut 6 meter korban berhasil memukul Sairi hingga terjatuh,” terang Kanit Reskrim.
 
“Setelah terjatuh, Sairi mencoba kabur dengan berlari, sedangkan teman Sairi (DPO) langsung kabur dengan sepeda motornya. Melihat Sairi kabur, korban tidak tinggal diam, kedua korban langsung mengejar sepeda motornya, Bruakkk!! Korban menabrak pelaku yang akhirnya tersungkur,” tambahnya
 
Mendengar adanya keributan, pengendara dan warga akhirnya ingin tahu. Saat dijelaskan oleh korban warga sempat geram dan ingin menghakiminya dengan memukul pelaku. Beruntung anggota Polsek Manyar berhasil mengamankannya dan dibawa ke kantor Polisi untuk diamankan dan mempertanggung jawabkan perbuatannya. 
 
“Kita amankan 1 unit sepeda motor milik korban, selanjutnya pelaku yang menjadi DPO kita akan lakukan pengejaran,” pungkas Yoyok.(gbr/yog/dra)



Berita Terkait