Berita Metro

Selasa, 13 Juni 2017  19:43

Revenue Data Melonjak, Fokus 4G LTE Hingga Pelosok

Revenue Data Melonjak, Fokus 4G LTE Hingga Pelosok
Gina meningkatkan layanan kepada pelanggan XL, sejumlah petinggi XL meresmikan perluasan jaringan 4G LTE di Jawa Timur.
Surabaya(BM)- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan layanan 4G LTE di 22 kota-kabupaten di Jawa Timur. Sampai Juni 2017 ini, di semua 38 kota dan kabupaten di Jawa Timur ditargetkan terjangkau layanan internet cepat 4G LTE dari XL Axiata. Direktur-Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya, mengtakan ke-22 kota dan kabupaten di Jawa Timur yang mendapatkan perluasan layanan 4G LTE yakni Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Jombang, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Tuban, Kabupaten dan Kota Blitar, Kabupaten dan Kota Kediri, Kabupaten Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Lumajang, Kabupaten dan Kota Pasuruan,  Kabupaten dan Kota Probolinggo, Kabupaten Situbondo.
 
”Sedangkan jangkauan coverage 4G LTE sampai ke pelosok pada tahun ini. Jadi mudik Lebaran, pengguna 4G LTE bisa memanfaatkan layanan data hingga ke pelosok desa. Selain itu, jaringan 3G XL juga mampu memberikan kecepatan akses hampir sama dengan 4G LTE,”papar Yessie. Yessie mengakui, tahun ini XL Axiata sangat agresif untuk memperluas cakupan wilayah layanan 4G LTE. Kebijakan ini tidak terlepas dari pencapaian pertumbuhan pelanggan dan trafik data yang terus meningkat saat ini. XL Axiata tercatat memiliki 31,2 juta pelanggan smartphone hingga akhir kuartal pertama 2017, meningkat 52 persen dari periode yang sama tahun lalu.
 
Pertumbuhan pelanggan smartphone ini sangat berarti karena rata-rata konsumsi data pengguna smartphone juga meningkat secara signifikan, lebih dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Hal ini tidak terlepas dari meningkatnya penggunaan smartphone, termasuk yang berkemampuan 4G LTE pada pelanggan. Tingkat konsumsi pelanggan atas layanan 4G LTE kini mencapai lebih dari 1,5x dari rata-rata konsumsi smartphone.Sementara di Jawa Timur, selama satu tahun terakhir tercatat ada pertumbuhan akses ke layanan data digital hingga sekitar 62 persen. Peningkatan terjadi di semua kabupaten/kota di Jawa Timur. 
 
“Revenue dari layanan data hampir sama dengan nasional, yakni di kisaran 60 hingga 63 persen pada kuartal I,”ujar Caretaker Vice President East Region XL Axiata, Mochamad Imam Mualim.
 
Total pelanggan XL Axiata di Jawa Timur sekitar 6,3 juta, kurang lebih 68 persen di antaranya aktif memanfaatkan layanan data. Seiring dengan hal itu, jumlah pelanggan XL Axiata di provinsi ini yang menggunakan smartphone 4G LTE juga terus meningkat. Tercatat hingga akhir Maret 2017 tidak kurang dari 1,9 juta pelanggan di Jawa Timur telah menggunakan smartphone 4G. Semua kota dan kabupaten di Jawa Timur terjangkau layanan 4G LTE, XL Axiata secara bertahap akan terus meningkatkan kualitas jaringan di area yang sudah terlayani seiring dengan peningkatan trafik dan pelanggan. Sementara itu perluasan jaringan internet berkecepatan tinggi ini akan terus dilakukan ke area-area pinggiran kota dan kota-kota kelurahan.(tin/dra)



Berita Terkait