Berita Metro

Kamis, 10 Mei 2018  20:27

Pentingnya Peranan Guru BK Demi Masa Depan

Pentingnya Peranan Guru BK Demi Masa Depan

SURABAYA (BM) - Pendidikan adalah hal yang sangat penting untuk perkembangan siswa. Karena itulah, Education New Zealand menggelar pelatihan guru Bimbingan Konseling dan Kepala Sekolah.

 

Acara ini tidak hanya digelar kota Surabaya saja, tapi sebelumnya juga telah digelar di Jakarta, tepatnya tanggal 7-8 Mei 2018.

 

"Karena itulah, Education New Zealand (ENZ) kembali mengadakan pelatihan bagi para guru BK dan Kepala Sekolah, Program tahunan yang digagas dan didukung oleh pemerintah New Zealand ini menggandeng Fortrust Education untuk mendukung koordinasi kegiatan sejumlah sekolah di Jakarta dan Surabaya," ungkap Market Manager Indonesia untuk Education New Zealand Karmela Christy, Rabu (9/3) dalam Pers Conference Education New Zealand di hotel Sheraton Surabaya.

 

Lanjutnya, Peran guru BK sangat penting dan tidak bisa dianggap sebelah mata. Guru BK penting bagi perkembangan karakter, kepribadian dan potensi siswa.

 


Sementara itu, Regional Marketing Manager Education New Zealand Victoria perkembangan teknologi yang kini begitu cepat, dapat membuat para generasi milenia bingung. Karena itulah, peranan guru BK dapat membantu untuk memberikan arahan pada para siswa.

 

Dua pengajar yang hadir dalam kesempatan tersebut adalah Yvone Gaut dari University of Otago dan Matt Carter, Business Development Director of Otago Polytechnic.

 

Menurut Yvonne Gaut, guru BK harus membantu siswanya dalam membuat perencanaan karir. "Perkembangan teknologi yang begitu cepat membuat para siswa sulit menentukan masa depannya," ungkap Yvone.

 

Lanjutnya para siswa harus lebih sadar aka potensi yang mereka miliki dan bagaimana mereka memaksimalkannya. Dengan membangun relasi yang baik dan mendengarkan harapan dan aspirasi siswa, guru BK dapat membantu siswa untuk membangun pondasi dalam menentukan strategi karir mereka hingga mereka dapat mencapai impiannya.

 

"Sebagai konsuler jangan banyak bicara, tapi juga harus banyak mendengar," ungkapnya.

 

Sementara itu, Matt Carter menjelaskan pentingnya empat pilar dari pendidikan yang dianggap unggul. "Setiap institusi memerlukan kualitas pendidikan yang baik berdasarka pilar budaya inovasi, pengembangan kepemimpinan, kemampuan guru serta sistem kontrol manajemen tang baik. Kombinasi empat pilar tersebut tidak hanya memastikan kualitas edukasi yang ditawarkan oleh institusi tetapi juga dapat menolong para siswa untuk berhasil selama masa pembelajaran," terangnya.

 

Lanjut Matt, sebagai leader atau pemimpin yang baik maka kita tidak boleh terpengaruh oleh hal yang buruk. Untuk menjadi leader yang terpercaya memang butuh waktu lama, tapi untuk merusak kepercayaan hanya butuh waktu 1 menit saja. (Era)




Berita Terkait