Berita Metro

Rabu, 14 Juni 2017  19:12

Branding Wisata Indonesia

Branding Wisata Indonesia
Tajuk 15 Juni 2017
Ada kabar baru dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Di bawah pimpinan sang menteri, Arief Yahya, kementerian yang kemasan promosinya termasuk yang terbaik ini meluncurkan branding baru 10 destinasi pariwisata untuk mendukung brand “Wonderful Indonesia” di kancah internasional.
 
Peluncuran The 10 Destination Brandings ini untuk mendukung brand “Wonderful Indonesia” dalam rangka menarik wisatawan manca negara. Peluncuran dilakukan Menteri Pariwisata Republik Indonesia diwakili Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara (Deputi BP3M) Kemenpar, I Gde Pitana.
 
Kesepuluh destinasi pariwisata dengan branding baru tersebut adalah Bandung (Jawa Barat), Great Bali, Great Jakarta, Great Kepri, Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Coral Wonders (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat), Medan, Makassar, Lombok, dan Banyuwangi.
 
Peluncuran branding terhadap 10 destinasi pariwisata tersebut sebagai upaya penyelarasan master-brand (Wonderful Indonesia) dengan sub-brand (branding destinasi) sehingga memperkuat positioning dari master-brand “Wonderful Indonesia”.  Hal itu dimaksudkan juga merupakan  upaya menciptakan sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di kancah internasional.
 
Seelumnya Kemenpar memang aktif mengkampanyekan branding “Wonderful Indonesia” dalam segala aspek kepariwisataan Indonesia. Branding ini merupakan bagian dari  rencana jangka panjang sehingga memiliki manfaat dalam skala besar ke depan. Dan hasilnya pun sudah pula kelihatan. Hal itu terbukti dari diakuinya ”Wonderful Indonesia” pada peringkat 47 dunia. Dalam Branding ini Indonesia bahkan mengungguli Malaysia (peringkat 97) dan Thailand (83).
 
Sekadar informasi, branding pariwisata Malaysia adalah “Truly Asia”, sedangkan Thailand memasang tagline “Amazing Thailand”. Melewati posisi dua negara tersebut menunjukkan bahwa langkah-langkah yang dilakukan Kementerian Pariwisata dalam “menjual” wisata Indonesia sudah berada di jalur yang benar. 
 
Satu hal yang harus diperhatikan dalam sukses mengibarkan bendera lewat branding wisata ini adalah dukungan masyarakat. Masyarakat seluruh lapisan sepatutnya memberikan dukungan kepada langkah dan kebijakan pemerintah di sektor pariwisata ini, dengan berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan kepada para wisatawan bahwa “Wonderful Indonesia” itu bukan pepesan kosong. Masyarakat patut menunjukkan jati diri bangsa Indonesia yang memiliki sikap ramah tamah sebagai bagian dari apa yang disebut “Wonderful Indonesia” tersebut. Dan hal itu sungguh tidak sulit, asal ada kemauan dari seluruh komponen masyarakat. Noor Ipansyah
 



Berita Terkait