Berita Metro

Sabtu, 15 April 2018  22:45

Disperindag Tulungagung Revitalisasi Dua Pasar

Disperindag Tulungagung Revitalisasi Dua Pasar
TULUNGAGUNG (BM) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Tulungagung segera merevitalisasi dua unit pasar rakyat. Kedua junit pasar itu adalah Pasar Sumbergempol dan Pasar Ngentrong.
 
Kepala Dinas Disperindag Tulungagung, Eko Sugiono, melalui Kabid Pasar Nurweni Astuti mengatakan, dua pasar yang akan segera direvitalasi tahun 2018 ini sudah dipersiapkan anggaranya. Ia mengatakan, dukungan anggaran untuk pembangunan untuk revitalasi dua lokasi itu bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun anggaran 2018 sebesar Rp 2, 648 milliar yang akan direalisasikan untuk pembangunan pasar. “Kini proses pembangunan revitalisi pasar sedang dalam persiapan tender dipastikan bulan Juni 2018, pembangunan di dua pasar tersebut sudah bisa dimulai,” katanya.
 
Nurweni Astuti menambahkan, untuk memuluskan hal tersebut, sejumlah dana dari DAK 2018 telah dianggarkan. “Dana sebesar Rp 2,6 miliar lebih tersebut merupakan jumlah secara total untuk revitalisasi dua pasar, yakni Pasar Ngentrong dan Pasar Sumbergempol,” ujarnya.
 
Lebih lanjut dijelaskan, revitalisasi sangat diperlukan mengingat kondisi dua pasar tersebut saat ini kurang layak untuk dipakai. “Kedua pasar tersebut terakhir dibangun pada Tahun 1983 silam, jadi sudah 30 tahun lebih berdiri bangunan pasar itu,” imbuhnya.
 
Revitalasi Pasar Sumbergempol dan Pasar Ngentrong sangat dibutuhkan masyarakat. “Kami harap jika pasar tersebut sudah di bangun maka warga kampung setempat harus dapat menjaga sebagai penghidupan roda perekonomian masyarakat dan kesejateraan taraf hidup pedagang lebih meninggkat,“ kata Nurweni.
 
Ditambahkan, selain merevitalisasi Pasar Sumbergempol dan Pasar Ngentrong, pihaknya juga sudah mengusulkan Pasar Ngemplak untuk juga segera direvitalisasi. (gun/udi)
 



Berita Terkait