Berita Metro

Rabu, 21 Maret 2018  22:31

Dinsos Targetkan Tambah Dua Desa PATBM

Dinsos Targetkan Tambah Dua Desa PATBM
TULUNGAGUNG (BM) – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupten Tulungagung akan menambah jumlah desa terkait Program Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM). Rencananya, tahun ini ada tambahan dua desa lagi.
 
Desa Batokan Kecamatan Ngantru dan Desa Kesambi  Kecamatan Bandung menjadi dua desa pertama yang menjadi percontohan di program PATBM tersebut. Program tersebut digulirkan pemerintah untuk meningkatkan perlindungan anak. 
 
Menurut Kabid Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Dinsos Tulungagung, Nurul Hidayah, tahun ini pihaknya merencanakan untuk melakukan penambahan desa percontohan. “Rencana sudah ada, akan tetapi belum dapat ditentukan desa mana yang akan menjadi desa percontohan selanjutnya,” terangnya.
 
Sejauh ini, untuk desa yang telah menjadi desa percontohan PATBM memiliki program untuk memberikan bantuan dan perlindungan kepada anak-anak. ”Untuk anak-anak yang memiliki permasalahan, desa percontohan diharapkan mampu memberikan pelayanan kepada anak-anak yang memiliki permasalahan,” tukasnya.
 
Untuk kasus yang tidak bisa diselesaikan di desa saja, maka nantinya pihak desa percontohan bisa melakukan rujukan penyelesaian kasus. “Untuk kasus yang tidak dapat ditangani didesa, pihak desa melakukan rujukan ke tingkat di atasnya,” jelasnya. (gun/udi)
 



Berita Terkait