Berita Metro

Kamis, 15 Juni 2017  19:48

Satu Regu Sniper Disebar di Jalur Pantura

Satu Regu Sniper Disebar di Jalur Pantura
Kapolres Situbondo, AKBP Sigit Dany Setiyono.
SITUBONDO (BM) - Upaya pengamanan jalur mudik lebaran di Situbondo benar-benar jadi perhatian. Aparat kepolisian setempat akan mengerahkan sejumlah penembak jitu (sniper) di titik-titik rawan kriminalitas di sepanjang pantura daerahnya. 
 
Sejauh ini, ada tiga titik yang ditengarai menjadi lokasi rawan para penjahat jalanan. Masing-masing di Kecamatan Banyuputih, wilayah kota dan di wilayah Kecamatan Banyuglugur hingga Besuki. 
 
"Kita akan mewaspadai sejumlah lokasi rawan kejahatan selama arus lebaran. Ada satu regu sniper yang sudah disiapkan untuk disiagakan di titik-titik rawan kejahatan," kata Kasubag Humas Polres Situbondo, Iptu H Nanang Priyambodo, Kamis (15/6).
 
Satu regu sniper yang kini disiapkan itu, diterjunkan selama arus lebaran. Mereka ditugasi melakukan pengamanan terhadap munculnya potensi kerawanan aksi kejahatan di jalanan, yang dimungkinkan dialami pengguna jalan raya. Salah satunya, di sepanjang jalan raya hutan Baluran Kecamatan Banyuputih. Selama ini, kawasan tersebut dikenal cukup rawan aksi kejahatan jalanan. 
 
"Sesuai SOP, setiap tahun kita melakukan pengamanan dengan menerjunkan sejumah sniper, serta 1 SST Brimob. Ini demi keamanan dan kenyamanan para pengguna jalan raya," tegas Kapolres Situbondo, AKBP Sigit Dany Setiyono. 
 
Tak hanya jalur mudik saja. Pihak kepolisian Situbondo juga menyebarkan selebaran berisi imbauan mudik kepada warga melalui media-media sosial. Termasuk saat hendak meninggalkan rumah untuk kepentingan mudik lebaran. Warga diminta memastikan semua kondisi rumah sudah aman, mulai mematikan listrik, mematikan kompor dan mencabut gas elpiji, serta mengunci semua pintu. Kemudian warga diminta untuk melapor ke pengurus RT dan RW jika rumah tidak berpenghuni. 
 
"Para RT dan RW juga diminta melapor ke Bhabinkamtibmas masing-masing untuk kita awasi dan lakukan patroli. Bahkan, kendaraan yang akan ditinggal mudik juga kami sarankan untuk dititipkan ke polsek atau polres, tidak dipungut biaya apapun alias gratis," tandas Nanang Priyambodo. (det/udi) 



Berita Terkait