Berita Metro

Senin, 07 Mei 2017  19:42

Polres Situbondo Gandeng Komunitas Anak Muda BerantasNarkoba

Polres Situbondo Gandeng Komunitas Anak Muda BerantasNarkoba
Salah satu penampilan komunitas anak muda di panggung dadakan di depan Mapolres Situbondo.
SITUBONDO (BM) - Halaman depan Mapolres Situbondo tiba-tiba jadi 'panggung' dadakan. Berbagai komunitas anak-anak muda di Situbondo saling unjuk kebolehan. Mulai dari kesenian tari, musik Islami, tradisi macan-macanan, fotografi, hingga karate.
Mereka tampil suka rela lewat program Polisi Sahabat Komunitas. Selain lebih dekat dengan masyarakat, melalui program ini kepolisian Situbondo juga menggandeng anak-anak muda untuk menjadi mitra dalam pemberantasan narkoba dan minuman keras. 
 
"Kita sengaja menjadikan halaman Mapolres sebagai ruang terbuka publik. Mereka bisa menampilkan apa saja, baik kesenian, bakat, hobi dan apa saja yang bersifat positif. Karena program Polisi Sahabat Komunitas ini memang mewadahi minat dan hobi masyarakat, khususnya yang tergabung dalam komunitas," kata Kasubbag Humas Polres Situbondo, Iptu H Nanang Priyambodo, Sabtu (6/5).
 
Lebih lanjut dijelaskan, acara pentas Polisi Sahabat Komunitas itu tak hanya dihadiri para pejabat, banyak warga juga ikut hadir menonton. Masing-masing anggota komunitas saling unjuk kemampuannya. Meski panggungnya 'lesehan' di halaman depan mapolres mereka mampu menyuguhkan tampilan-tampilan memukau. 
 
Mulai dari peragaan karate, tari-tarian tradisional, tampilan macan-macanan, serta suguhan dari komunitas marawes, kesenian hadrah, dan pajangan puluhan foto apik hasil jepretan komunitas fotografi. Tak ketinggalan, beberapa siswa berprestasi di Situbondo ikut menampilkan bakatnya di ajang Polisi Sahabat Komunitas tersebut.
 
"Semua komunitas dipersilakan memanfaatkan halaman Mapolres Situbondo yang cukup luas ini sebagai ruang terbuka untuk publik. Siapa saja diperbolehkan jika ingin berkegiatan di sini," tandas Kapolres AKBP Sigit Dany Setiyono di sela acara. 
Sigit mengemukakan, program Polisi Sahabat Komunitas ini sebagai wadah untuk menampung berbagai macam komunitas, untuk menampilkan berbagai macam kekayaan budaya lokal yang ada Situbondo. Sehingga generasi muda tetap bisa menikmati dan mengetahui kekayaan budaya khususnya yang ada di Situbondo. Melalui program ini, Polres Situbondo juga ingin mengajak seluruh masyarakat dan komunitas menjadi Mitra Polri. Khususnya dalam upaya untuk memberantas minuman keras dan narkoba.
 
Selama acara, Kapolres Sigit dan Wakil Bupati Situbondo, H Yoyok Mulyadi, juga melihat langsung hasil karya komunitas yang ditampilkan. Kedua pejabat itu juga memberikan bingkisan penghargaan kepada perorangan maupun komunitas yang tampilannya dinilai jempolan. 
(det/udi)



Berita Terkait