Berita Metro

Rabu, 07 Juni 2017  19:43

Mudik Gratis Tujuan Pulau Raas Diserbu Pendaftar

Mudik Gratis Tujuan Pulau Raas Diserbu Pendaftar
Kapal Feri Satya Kencana sebelum bertolak dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo.
SITUBONDO (BM)- Program mudik gratis jalur laut menggunakan tiga kapal ekspres tujuan Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, diserbu warga. Terbukti, baru dua hari pendaftaran dibuka, sebanyak 1.200 kuota peserta mudik gratis itu sudah terpenuhi.
 
Para pendaftar mudik gratis ini didominasi warga Raas yang merantau ke sejumlah daerah di Jawa dan Bali. Penumpang sebanyak itu akan diangkut menggunakan tiga rute pemberangkatan dari Pelabuhan Jangkar, pada 17 dan 18 Juni mendatang. "Pendaftaran sudah dibuka sejak kemarin. Tapi untuk yang jalur laut tujuan Pulau Raas, sekarang sudah full. Jatah 1200 pemudik sudah terisi oleh pendaftar," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Situbondo, Tulus Prijatmadji.
 
Tulus mengemukakan, cepat terpenuhinya jumlah kuota pemudik gratis jalur laut itu, karena sebelum pendaftaran dibuka pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada para Kepala Desa dan Camat di Pulau Raas. Selain itu, sistem pendaftarannya juga sengaja dibuat mudah. Calon pemudik bisa mendaftar secara borongan, dan cukup hanya dengan menunjukkan KTP atau Kartu Keluarga (KK). Tak heran, satu orang pendaftar bisa langsung mendaftarkan beberapa orang berdasarkan KTP atau KK yang dibawanya.
 
"Tapi saat menjelang pemberangkatan nanti kita akan bertindak ketat. Semua pemudik harus sesuai dengan KTP atau KK yang sudah terdaftar. Tidak bisa digantikan orang lain. Makanya, semua calon pemudik juga sudah harus datang ke pelabuhan Jangkar, 3 jam sebelum pemberangkatan. Yang tidak patuh akan didiskualifikasi dan digantikan dengan yang lain. Kami juga bekerja sama dengan pihak kepolisian, untuk mengantisipasi adanya praktek calo dalam program ini," tandas Tulus. 
 
Selain jalur laut, program mudik gratis di Situbondo juga dilakukan melalui jalur darat menggunakan 5 armada bus. Rinciannya, satu bus tujuan Situbondo - Surabaya, sementara 4 bus lagi Situbondo - Sumenep. Program ini juga didanai oleh pemprov Jatim. 
 
"Kalau yang jalur darat ini lebih tepatnya bukan mudik, tapi balik. Karena dilakukan setelah lebaran atau tanggal 1 Juli nanti. Untuk yang ini masih banyak bangku yang kosong, silahkan kalau mau daftar," tandas Tulus Prijatmadji. 
 
Sementara itu, Kepala Pelabuhan Feri Jangkar Situbondo Juni Dwi Hanggoro  telah mengusulkan penambahan jadwal keberangkatan kapal feri jelang Hari Raya Idul Fitri 2017 tujuan Pulau Sapudi dan Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, dari dua kali menjadi empat kali dalam seminggu.
 
"Kami telah mengusulkan ke Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, agar 'trip' atau jadwal keberangkatan kapal feri ke Sapudi dan Raas ditambah menjadi empat kali mulai H-10 Hari Raya Idul Fitri 2017 guna mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang," katanya di Situbondo, Rabu (7/6).
 
Ia mengatakan, usulan penambahan jadwal keberangkatan kapal feri rute Jangkar-Raas dan rute Jangkar-Sapudi dilakukan karena selama ini jadwal ke dua kepulauan Madura itu hanya dua kali pemberangkatan setiap satu minggu.
Jika usulan penambahan jadwal keberangkatan diterima, katanya, utamanya rute Jangkar-Raas dipastikan penumpang atau pemudik tidak akan terjadi antrean penumpang kapal feri di pelabuhan seperti tahun-tahun sebelumnya.
 
Juni menambahkan, untuk jadwal keberangkatan kapal feri ke Pelabuhan Kalianget selama ini sudah dinilai cukup karena memiliki jadwal sebanyak empat kali dalam satu minggu. "Untuk kepal feri yang akan beroperasi tetap dua armada yakni Kapal Motor Penumpang (KMP) Satya Kencana dan KMP Dharma Kartika. Tidak ada penambahan armada dan yang kami usulkan untuk memaksimalkan jadwal keberangkatan dua kapal feri tersebut jelang Lebaran," katanya. (nt/udi)



Berita Terkait