Berita Metro

Rabu, 06 November 2016  19:35

Para Kiai Gelar Rapat Akbar Resolusi Jihad

Para Kiai Gelar Rapat Akbar Resolusi Jihad
JOMBANG (BM) - Ratusan tokoh ulama, kiai dan TNI berkumpul di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, kemarin. Para tokoh ini menggelar rapat akbar membahas resolusi jihad. Dalam rapat akhirnya diambil keputusan yang teruang dalam Piagam Tebuireng terkait resolusi jihad yang akan dikirimkan ke Presiden Joko Widodo.
 
Sebelum memulai rapat akbar ratusan ulama dan tokoh melakukan doa bersama di depan makam pendiri Nahdlatul Ulama Hadratus Syaich Hasyim Asyari. Para ulama dengan khusuk mendoakan pahlawan pejuang kemerdekaan. Selain diikuti ulama dan tokoh pesantren seluruh pelosok, juga diikuti pejabat tinggi TNI.
 
Diantaranya  KH Anwar Manshur, Lirboyo  Kediri,  KH Sholeh Qosim, Sepanjang, Sidoarjo, KH Ali Akbar Marbun, Medan,  Habib Sholeh Al-Jufri, Solo. H Henry Kasfi selaku Sekjen Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia dan Asisten Operasional TNI. 
 
 KH Salahuddin Wahid,  Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng menyebut bahwa Resolusi Jihad yang dikeluarkan  KH Hasyim Asyari pada 22 Oktober 1945 merupakan fakta sejarah tak terbantahkan. Gerakan mengaktulisasikan gerakan Resolusi Jihad ini dilakukan untuk mewujudkan kedaulatan Bangsa Indonesia yang belum sepenuhnya dicapai.
 
Asisten Teritorial (Aster) Mabes TNI Mayjen Wiyarto Hadir mendukung fakta Resolusi Jihad yang telah hilang dari sejarah bangsa ini. Melalui aktualisasi resolusi Jihad ini pihaknya berharap sejarah ini bisa diluruskan. Karena peran kiai dan ulama masa itu untuk memerdekakan bangsa ini sangat besar.(jom/dra)



Berita Terkait