Berita Metro

Kamis, 13 Oktober 2016  19:35

Kodim Jombang Ajak Tanam Padi Sistem Tabela

Kodim Jombang Ajak Tanam Padi Sistem Tabela
Jajaran Kodim Jombang bersama 3 Pilar bersinergi menanam padi dengan sistem Tabela (Tanam Benih Langsung).
JOMBANG (BM) - Kodim 0814 Jombang bersama kepolisian dan Pemda Jombang melaksanakan tanam padi sistem Tabela (Tanam Benih Langsung) pada Kamis (13/10). Kegiatan ini sebagai bukti sinergitas peran lintas sektoral antara pemerintah dan TNI serta instansi yang lain di daerah semakin nyata dirasakan masyarakat. 
 
Dandim 0814 Jombang, Letkol Arh M.Fatkurahman mengatakan, hal ini sebagai upaya pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan yang harus didukung oleh semua pihak agar bisa tercapai. Tanpa dukungan masyarakat luas harapan itu sulit terwujud, karena itu harus ada sinergitas 3 pilar Kabupaten Jombang.
 
“Penanaman menggunakan sistem tabela karena lebih irit pemakaian benih padi. Jika sistem manual menghabiskan benih rata-rata 5 hingga 6 kilogram, dengan sistem tabela petani hanya butuh 2,5 hingga 3 kilogram benih saja. Sistem Tabela ini juga lebih cepat dan praktis. Karena langsung tanam tanpa membuat pembenihan layaknya yang dilakukan para petani selama ini. Jadi secara otomatis akan memangkas ongkos pembenihan,’’ terangnya Dandim
 
Kegiatan ini sebagai penyelenggaraan tanam padi pertama dilakukan Kodim 0814 beserta Persit. Saat ini lahan yang sudah siap ditanami seluas 6 hektar sisanya sekitar 12 hektar akan ditanami jagung, (pem/gie/dra)
 



Berita Terkait