Berita Metro

Selasa, 18 Oktober 2016  19:37

Danrem 082 Tinjau Pembangunan SP3-T

Danrem 082 Tinjau Pembangunan SP3-T
Danrem 082 menyaksikan proses mesin pelayanan pertanian
JOMBANG (BM) – Komandan Korem 082/CPYJ, Kolonel Gathut Setyo Utomo S.Ip meninjau pembangunan Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3-T) di Desa Denanyar Kabupaten Jombang. Bangunan yang menempati lahan eks Yonif 503 itu sebagai gudang produksi, pengeringan dan penggilingan padi.  Kolonel Gathut Setyo Utomo menjelaskan pembangunan SP3-T untuk mendukung upaya mensukseskan program pemerintah di daerah mewujudkan ketahanan pangan nasional.  “Pelaksanaan pembangunannya melalui kerjasama antara TNI AD dengan pihak lain yang ada di wilayah,” terang Danrem.  
 
Saat meninjau, Danrem yang didampingi Komandan Kodim 0814 Jombang Letkol Arh. M Fathurrohman dan Direktur PT Biogene Plantation Gresik melihat langsung prosentase pembangunan yang telah mencapai 87 persen. Selain melihat fisik bangunan, Danrem juga melihat gudang yang dilengkapi mesin pengering padi, mesin penggilingan yang kondisinya siap operasional.  Bahkan Danrem menyaksikan proses penggilingan gabah dan penggilingan padi. 
 
Kepala Teknik PT Biogene Plantation Gresik, Chandra, menjelaskan mesin tersebut memiliki kapasitas 10 ton dalam sekali proses pengeringan dalam tempo proses 8 jam gabah kering yang memiliki kadar air 26 persen. Sedangkan untuk penggilingan memiliki kapasitas 600 – 1000 Kg per jam. 
 
Sementara, Lettu Czi Supardi, Ketua Tim Teknis Bangunan menjelaskan bangunan gudang SP3-T ini juga dilengkapi ruang serba guna dan mess karyawan.  Saat ini pekerjaan tinggal pemasangan BRC atau pagar ram besi sepanjang 285 meter dan atap penutup mesin open-pengering padi, jika dua unit tersebut selesai dikerjakan, maka kondisi secara keseluruhan mencapai 100 % dan siap dioperasikan. (gie/dra)
 



Berita Terkait