Berita Metro

Senin, 17 Juli 2017  20:23

Pemkot Batu Ancam Gugat Penempel Iklan di Pot Pinggir Jalan

Pemkot Batu Ancam Gugat Penempel Iklan di Pot Pinggir Jalan
BATU (BM) – Ulah sebagian oknum tak bertanggungjawab dengan menempel kertas promo di beberapa pot bunga di sepanjang jalan di Kota Batu, benar-benar membuat geram pemerintah kota (pemkot). Saat ini, mereka tengah berancang-ancang melakukan langkah gugatan bila masih didapati perusahaan melakukan penempelan.

Pengawas Kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup Batu, Rudi Eko Prasetyo mengatakan, pihaknya selalu melalukan pembersihan di setiap pot maupun pohon saat ditemukan adanya kertas promo yang ditempel di beberapa pot bunga di sepanjang jalan Kota Batu.
“Pot-pot bunga itu untuk hiasan dan mempercantik median jalan.

Tapi tiap kali selesai dibersihkan, selalu saja muncul lagi tempelan baru. Ini kan membuat tampilan Kota Batu jadi kotor. Dibersihkan ada lagi. Terutama di jalan utama di Jalan Ir Soekarno," katanya.

Ia menambahkan, apabila masih ditempelin kertas promo, maka pihaknya akan menggugat perusahaan terkait. Namun sebelum melakukan gugatan secara hokum, terlebih dulu akan dilakukan peneguran kepada perusahaan dimaksud.

Pantauan di lapangan, kertas promo ditemukan hampir di sepanjang Jalan Ir Soekarno. Setiap pot ada kertas yang bertuliskan promo kursus privat dan lainnya. Tak hanya di jalan tersebut, di Jalan Moh Hatta, Jalan Raya Giripurno juga banyak yang ditempelin kertas promo serupa.

"Seharusnya kan ada wadah sendiri untuk hal seperti itu. Lagian juga harus ada izinnya. Gak hanya di pot, di pohon juga banyak tempelan kertas. Gitu itu kan merusak tanaman," imbuhnya.

Kepala DLH kota Batu, Arief As Siddiq, menambahkan, pihaknya akan memantau setiap titik yang rawan dijadikan ajang promosi yang menguntungkan satu pihak saja. "Kami sebar tim kebersihan. Agar tidak ada lagi perusahaan nakal yang suka menempelin kertas itu. Karena pot itu nanti akan dipercantik. Kalau dikotori semacam itu, tidak benar," kata dia. (tbn/udi)



Berita Terkait