Berita Metro

Senin, 17 Juli 2017  20:43

PMI Banyuwangi Canangkan Desa Sadar Donor Darah

PMI Banyuwangi Canangkan Desa Sadar Donor Darah
BANYUWANGI (BM) – Berbagai upaya terus dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyuwangi guna meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya donor darah. Kali ini, mereka mencanangkan ‘Desa dan Kecamatan Sadar Donor’.

Melalui program itu, setiap desa dan kecamatan yang dicanangkan akan terus ditanamkan ke masyarakat soal pentingnya donor darah.

"Setelah saya cek, ternyata banyak yang belum tahu bahwa donor ini bukan hanya menyelamatkan nyawa orang lain, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan pendonor karena melindungi jantung, menurunkan risiko kanker, dan memperbarui sel darah," ujar Ketua PMI Banyuwangi, dr Mufti Aimah Nurul Anam.

Dikatakannya pula, PMI bersama perangkat desa dan kecamatan akan bersinergi membangun kesadaran berdonor di masyarakat lewat beragam kegiatan di balai desa, di musala, posyandu, sekolah, pengajian, arisan ibu-ibu, dan sebagainya.

"Selain soal kesehatan, satu lagi yang kami tanamkan adalah nilai ibadahnya," kata adik Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang juga akrab disapa dr Anam itu.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr Widji Lestariono mengapresiasi kiprah PMI dalam mendukung dunia kesehatan di Banyuwangi.

"PMI sebagai mitra dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat mempunyai peran vital, termasuk dalam pemenuhan kebutuhan darah. Pencanangan daerah sadar donor ini semoga bisa meningkatkan pasokan darah sekaligus menyehatkan masyarakat," ujarnya. (det/udi)



Berita Terkait